Rabu, 02 Desember 2009

Haruskah Api Kompor Gas Berwarna Biru?

Hampir sebagian besar api kompor gas berwarna biru. Ini bukan karena jenis kompornya, namun lebih karena komposisi senyawa di dalam gas elpiji.

Mungkin Anda pernah mendengar promosi soal kompor gas yang mengeluarkan api berwarna biru. Ya, promosi itu memang nggak salah. Terlebih kalau mencermati warna api kompor gas, ternyata sebagian besar api kompor gas berwarna biru.

Pertanyaannya, apakah ini karena kompornya?

Rupanya tidak. Warna api pada kompor gas itu rupanya tergantung pada komposisi senyawa hidro karbon dalam gas elpiji LPG). Api berwarna biru bisa terlihat kalau kandungan hidro karbon dalam gas elpiji rendah. Kalau kandungannya tinggi, warna api bisa berubah menjadi kemerahan.

Meski begitu, ketika menemui perubahan warna api pada kompor gas, sebaiknya Anda waspada. Anda perlu meneliti penyebab perubahan warna api kompor. Kalau akibat kandungan hidro karbon di dalam gas, maka tak perlu khawatir. Warna merah pada api ini tidak akan membuat gosong bagian bawah peralatan memasak kok.

Beda halnya, kalau perubahan warna itu disebabkan oleh karena adanya kotoran pada tukung api. Kotoran pada tungku api mengandung senyawa hidro karbon tinggi. Akibatnya jika terbakar akan menjadikan api berwarna kemerahan. Yang lebih buruk lagi, api kemerahan ini dapat meninggalkan jelaga pada peralatan memasak.

Nah, jika warna merah itu akibat kotoran pada tungku kompor, maka segera matikan kompor, dan bersihkan tungku api. Eh.. tunggu tungku apinya dinding dulu ya. Setelah bersih, pasang kembali tungku, dan nyalakan lagi apinya. Jika tetap berwarna merah, ya mungkin karena kualitas gasnya.


(Sumber: http://www.ideaonline.co.id ; Selasa, 24 November 2009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar